Arti dibalik nama’Coca Cola’


The Coca Cola Company dan produk-produknya banyak menuai kritik oleh berbagai sumber atas bermacam-macam alasan termasuk efek negatif produk-produk tersebut terhadap kesehatan, lingkungan, penggunaan pestisida dalam jumlah yang besar dalam produk-produknya, praktek eksploitasi buruh dan masih banyak alasan lagi. Tidak sedikit dari alasan-alasan tersebut yang membawa perusahaan tersebut menghadapi tuntutan hukum dan menciptakan kontroversi.

Satu kontroversi lagi terdapat pada logo produk Coca Cola. Bacalah logo tersebut dalam cermin atau terbalik, dalam tulisan Arab, apa yang anda dapat? Sumber dari sebuah kampanye di Mesir menuduh minuman ringan terbesar tersebut atas menyinggung Islam karena logo yang terkenal tersebut terlihat mengatakan: “No to Mohamed. No to Mecca” (Tidak untuk Muhammad. Tidak untuk Mekkah).

Pejabat lokal Coca-Cola mengatakan bahwa kampanye tersebut bermula dari internet pada Januari. Pada bulan lalu, banyak selebaran didistribusikan di masjid-masjid dan sekolah-sekolah, mengajak para pelanggan untuk memboikot minuman ringan tersebut atas dasar bahwa minuman tersebut menghancurkan agama mereka.

Maulana Kalbe Jawwad, seorang kepala keagamaan Shias, mengatakan: “Hal ini merupakan penghinaan terhadap Tuhan. Kami akan meminta Muslim di negara ini dan seluruh dunia untuk memboikot produk tersebut sampai perusahaan tersebut menarik kata-kata yang menyinggung tersebut.
Maulana mengatakan bahwa ia akan meminta semua praktisi Muslim untuk menyebarkan pesan tentangn logo “yang sangat menyinggung tersebut”.
Menguatkan pendirian Maulana, S.R. Azmi Nadvi, sarjana Bahasa Arab dan kepala sekolah dari Nadwa College yang terkenal di Lucknow, mengatakan bahwa kata-kata tersebut “berlawanan dengan agama kita”. “Saya telah melihatnya (logo tersebut) dan saya yakin bahwa logo tersebut emncemarkan yang dianggap suci,” ia menambahkan.
Ia mengatakan masalah tersebut sekarang akan dibawa kepada Dewan Hukum Personal Muslim dan Liga Dunia Arab Islam di Mekkah.
Selama lebih dari beberapa hari, logo Coca-Cola tersebut telah menjadi buah bibir seluruh kota. Botol-botol diperiksa dengan seksama seperti belum pernah melihat botol tersebut sebelumnya. Tetapi sekarang Coca-Cola, yang mengatakan bahwa “minuman tersebut dinikmati oleh lebih dari satu milyar Muslim”, melawan balik. Digelisahkan oleh kemungkinan perlawanan balik dari yang dirasa menghina, minuman tersebut berunding dengan satu dari tokoh-tokoh keagamaan yang paling senior Mesir, Sheikh Nasser Farid Wassel, yang menempatkan logo berumur 114 tahun tersebut sebelum sebuah panel para ahli keagamaan.
“Merek dagang tersebut tidak dirubah sejak logo tersebut didesain sampai sekarang,” datanglah balasannya. “Logo tersebut ditulis dalam bahasa asing dan tidak dalam bahasa Arab, dan hal ini membuktikan bahwa merek dagang tersebut tidak melukai Islam atau umat Muslim secara langsung ataupun tidak langsung.”
Sheikh Nasser mendesak mereka yang berada di balik rumor tersebut untuk “takut Tuhan” karena “tulisan tersebut mendesak Muslim untuk menyebarkan rumor-rumor tidak adil… tanpa mempunyai sebuah bukti legal bahwa mereka benar.” Ia menambahkan bahwa semua tanggung jawab untuk kampanye tersebut membahayakan pekerjaan dari ribuan warga Mesir yan bekerja pada perusahaan Coca-Cola lokal.
Coca-Cola telah melengkapi staf penjualannya dengan salinan dari putusan sheikh untuk menunjukkan perhatiannya kepada para pelanggan.
Tetapi manajer urusan luar perusahaan tersebut, Mahmoud Hamdy, mengatakan bahwa sejauh ini penjualan tidak terpengaruh. Ahmed Abdul Aziz, seorang pekerja konstruksi yang minum Coca-Cola dua atau tiga botol per hari, memegang botol minuman tersebut di depan cermin sebuah sepeda motor yang diparkir. “benar bahwa anda dapat melihatnya,” ia mengatakan. “Tetapi saya tidak akan menyerahkannya sekarang. Saya telah meminumnya bertahun-tahun tanpa masalah.” Dua tahun yang lalu, sebuah kampanye yang sama ditujukan terhadap Fanta, menuduhnya mengatakan “No to Allah” (Tidak pada Allah). Protes tersebut berakhir setelah beberapa minggu.
Rumor Coca-Cola bertepatan dengan sebuah kampanye yang jauh lebih serius terhadap sebuah novel oleh penulis Syria, Haidar Haidar, menyebut Feast dor Seaweed, dimana satu karakter menggambarkan Tuhan sebagai seorang “artis yang gagal”.
Walaupun buku tersebut pertama kali diterbitkan pada 1983, sebuah harian Islam memulai serangan proaktif bulan lalu, menuduh novel tersebut atas penghinaan terhadap Tuhan dan menggambarkan buku tersebut sebagai sebuah penghinaan kepada Muslim lebih buruk dari pada kekalahan Arab oleh Israel pada 1967, sebuah hal yang memalukan bahwa hanya dapat dihapus “oleh darah”.
Harian tersebut juga memberikan nama-nama dan alamat-alamat dari pejabat-pejabat Kementrian Budaya Mesir, yang mencetak ulang buku tersebut, dari apa yang banyak dilihat sebagai penghasutan untuk pembunuhan. Pada 8 Mei, siswa-siswa religius melakukan kerusuhan terhadap atas buku tersebut dalam protes terburuk selama bertahun-tahun.
Coca Cola juga merupakan salah satu produk milik Yahudi yang beberapa waktu lalu juga mendapat pemboikotan global seputar serangan Israel di Jalur Gaza yang menewaskan ribuan orang. (ppt/fa/pl/wp)
sumber: (SuaraMedia)
About these ads

26 gagasan untuk “Arti dibalik nama’Coca Cola’

  1. menurut pandangan gw , tergantunng iman saja kalo merasa tidak pro terhdap yahudi ya itu akan biasa saja apabila anda kontra akan yahudi ya jangan di pakai dan itu kalo menurut gw hanya permainan pasar yang ingin menjatohkan prodak tersebut , ngapain kita yg harus ribet toh gak rugi juga kalo kita memakai prodak tersebut , terlalu mendramatisir saja itu pada inti nya , jangan hanya melihat sesuatu hanya dari satu sisi maka kita tidak akan melihat sisi positif nya yang kita lihat hanya sisi negatif nya saja , !

  2. bener apa kata saudara ikwan diwa bahwa hal tersebut adalah ulah produk lain yang ingin menjatuhkan nama coca cola (bukannya saya membela kepada pihak coca cola itu sendiri tetapi saya melihat dari segi “LOGIKA”). terima kasih

  3. Katanya produk coca cola itu menggunakan bahan pembersih closet. Coba deh rendam paku yang sudah karatan di produk coca cola. Tunggu sampai sekitar 2 jam, pakunya pasti bagus lagi.

  4. Mereka membuat sedemikian rupa psti ada sebabnya, benar kata pak guru bahwa orang-orang kafir itu selalu ingin merangi islam tapi tidak secara terang-terangan, ini hanyalah sekelumit contoh saja.. dan semua tergantung diri kita dalam menyikapi, kalau menurut saya sih.. msih banyak minuman lain yang lebih jelas khasiatnya.. lebih sehat.. sebenarnya minuman bersoda memang tak bagus untuk kesehatan .. apalagi ini diberi nama yang mengandung makna merusak kerukunan beragama..

  5. ya udah.. mau coca-cola bangkrut ? ya wong pekerjanya jg banyakan muslim di seluruh dunia..
    klo mo ngebangkrutin ya monggo2 aja.. tp itu berarti anda semua memadamkan api periuk nasi banyak orang. simple kan ?
    daripada cape2 nyebar isu pembersih kloset dsb dsb, mending ke lab nya langsung aja di pabriknya… ga berani ya ? :p
    masa iya semudah itu sih percaya “kata orang”… :p

    • tanpa km sadari, kamu telah masuk kedalam perangkap zionis. Awalnya kamu tdk tau kan apa tujuan pemasaran coca cola. Tipu daya yahudi itu sangat tidak bsa di duga duga. Jdi untuk jaga2 nama produk yg ada penyelewengannya jgn di beli.
      contohnya: coca cola, sprite, nestle, L’oreal, Disner, Revlon, Mc Donald dll.

  6. itulah tugas kita untuk memberitahu mereka bahwa apa yang mereka kerjakan sama saja membantu ekonomi zionis yahudi, yang tidak lain hanyalah membuat bangsa palestina sengsara, kenapa ?. karena uang yang kita bayarkan untuk membeli produk mereka nantinya akan disumbangkan kepada zionis yahudi untuk membangun negaranya, dan tentu saja mencaplok sedikit demi sedikit wilayah palestina, membunuh sedikit demi sedikit bayi-bayi palestina supaya bangsa palestina musnah dari muka bumi.daripada kita memakmurkan negara orang yang nota bene memerangi kaum muslim lebih baik kita memakmurkan bangsa sendiri, membuat produk sendiri, dan membeli produk sendiri ,hasil karya anak bangsa bung!!!.cuma sekarang pemerintah ambil gampangnya saja ,lebih mementingkan bisnis daripada nurani (sorry pemerintah).yang penting investor masuk ,menyerap banyak tenaga kerja dan menambah pajak sudah simple kan !!!.sebaiknya anda harus banyak2 membaca seluk beluk mereka bung (zionis yahudi) kita boleh patut curiga terhadap mereka, suudzon dengan mereka (zionis yahudi) lebih baik daripada dengan saudara seiman sendiri.bukankah sudah nyata2 al-qur’an membeberkan sifat2 mereka ini !.

  7. Buat kalian yg koment buktiin klo lo generasi muslim sejati,,,jngn cuma ngomng doang kasi tau sohib2 lo smua jgn cuman disini buktiin….
    #bangkit generasi islam…

    • Sebenarnya juga tidak baik untuk kesehatan (mengandung zat gula yang berlebih), dan setiap yang tidak baik atau merugikan kesehatan maka diharamkan untuk dikonsumsi.

  8. Do you mind if I quote a few of your posts as long as
    I provide credit and sources back to your
    weblog? My blog site is in the exact same area of interest as yours and
    my users would certainly benefit from some of the information
    you provide here. Please let me know if this okay with you.

    Thank you!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s