Usia 15 Bulan, Bayi Bedakan Benar dan Salah


Bayi

VIVAnews – Kemampuan untuk membedakan antara benar dan salah sebenarnya sudah dimiliki sejak Anda bayi. Pada usia 15 bulan, bayi sudah menunjukkan pemahaman yang baik tentang apa yang adil dan tidak adil dan juga lebih ingin berbagi dengan orang lain.

Hal ini merupakan temuan tim peneliti dari University of Washington, Amerika Serikat. Bayi yang terlibat dalam penelitian ternyata mampu membedakan antara distribusi makanan yang sama dan tidak merata.

Menurut peneliti ini menunjukkan kesadaran awal mereka tentang pengertian keadilan. Hal ini juga dipandang sebagai hubungan antara seberapa sensitif bayi terhadap perilaku adil.

“Temuan kami menunjukkan bahwa norma-norma keadilan lebih cepat diperoleh dari yang dipikirkan,” kata Jessica Sommerville, profesor psikologi University of Washington, dikutip dariDaily Mail.

Penelitian yang dipublikasi dalam Journal PLoS ONE ini, menampilkan dua video singkat bayi berusia 15 bulan. Pada video pertama, terlihat semangkuk kerupuk cracker didistribusikan dan salah satu bayi mendapat porsi yang lebih banyak. Sementara, pada video kedua, diperlihatkan bayi yang diberikan susu dengan porsi yang sama.

Para ilmuwan mengukur waktu masing-masing bayi melihat bagaimana makanan itu telah didistribusikan. Termasuk reaksi para bayi saat makanan dan susu dibagikan. Mereka menemukan bahwa bayi menghabiskan lebih banyak waktu untuk memerhatikan saat makanan dibagikan lebih banyak pada orang lain.

“Bayi mengharapkan distribusi yang sama dan adil dari makanan. Mereka terkejut ketika melihat bayi lain mendapat cracker atau susu lebih dari yang lain,” kata Sommerville.

Penelitian sebelumnya menemukan, konsep adil dan perbedaan benar dan salah baru bisa dimengerti ketika anak berusia antara enam hingga tujuh tahun. Padahal, sejak usia 15 bulan anak sudah memiliki ide antara adil dan tidak adil dengan melihat bagaimana sikap orang lain. Jadi, mulailah bersikap adil pada buah hati, sejak ia masih bayi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s