Lebih lanjut tentang mesin waktu, dan lubang cacing (worm hole) I




People like us, who believe in physics, know that the distinction between past, present, and future is only a stubbornly persistent illusion. (Albert Einstein)


Perjalanan Menembus Waktu


Apakah kita bisa melakukan perjalanan menembus waktu ke masa lampau? Apakah kita bisa juga bepergian menembus waktu ke masa depan?

Kemungkinan melakukan perjalanan menembus waktu membuka suatu dunia yang sangat luas yang berisi kemungkinan-kemungkinan yang menarik. Kita bisa kembali ke masa muda kita dan menghapus peristiwa-peristiwa yang memalukan kita di masa lampau, memilih pasangan hidup yang berbeda, atau memilih pekerjaan yang berbeda. Kita bahkan bisa mengubah peristiwa-peristiwa bersejarah yang penting dan mengubah nasib umat manusia.

Film rekaan ilmiah Superman bisa memperjelas suatu kemungkinan tadi. Dalam klimaks film itu,Superman, sang pahlawan, sangat terpukul secara emosional ketika suatu gempa bumi memorak-porandakan sebagian besar Kalifornia (AS) dan meremukkan kekasihnya di bawah ratusan ton bebatuan dan puing-puing. Superman yang meratapi kekasihnya yang mati secara mengerikan merasa begitu sedih sehingga dia meluncur ke ruang angkasa dan melanggar sumpahnya untuk tidak merusak jalannya sejarah manusia. Dia meningkatkan kecepatannya sampai dia mencapai kecepatan cahaya dengan menghancurkan halangan cahaya sambil mengganggu jalinan ruang dan waktu. Dengan melesat pada kecepatan cahaya, dia memaksa waktu untuk melambat, lalu berhenti, dan akhirnya mundur ke suatu waktu sebelum Lois Lane, kekasihnya, remuk dan tewas. Ini berarti dia bergerak melebihi kecepatan cahaya.

Akan tetapi, trik tadi jelas tidak mungkin. Waktu memang melambat ketika Anda meningkatkan kecepatanmu. Meskipun demikian, Anda tidak bisa bepergian melebihi kecepatan cahaya (dan sebagai akibatnya membuat waktu bergerak mundur). Teori relativitas khusus Einstein menyatakan massamu akan menjadi antara dalam proses kecepatanmu. Jadi, metode bepergian melebihi kecepatan cahaya yang disukai kebanyakan penulis fiksi ilmiah bertentangan dengan teori relativitas khusus.

Meskipun bepergian melampaui kecepatan cahaya tidak mungkin karena kendala teori Einstein tadi, situasi perjalanan itu sebenarnya sangat rumit. Untuk memecahkan masalah bepergian melampaui kecepatan cahaya, kita perlu meninggalkan teori relativitas khusus yang melarang perjalanan menembus waktu dan mengandalkan teori relativitas umum Einstein yang membuka kemungkinan mengadakan perjalanan menembus waktu. Dalam hubungan ini, relativitas umum punya kehandalan lebih luas dari pada relativitas khusus. Relativitas khusus memerikan hanya benda-benda yang bergerak dengan kecepatan yang tetap dan menjauh dari bintang mana pun; sementara itu, teori relativitas umum jauh lebih kokoh karena mampu memerikan roket yang melaju mendekati bintang-bintang yang sangat padat dan lubang-lubang hitam. Karena itu, teori relativitas umum menggantikan beberapa dari kesimpulan yang lebih sederhana dari teori relativitas khusus. Bagi fisikawan mana pun yang secara serius sudah menganalisis matematika dari perjalanan menembus waktu di dalam batas teori relativitas umum, kesimpulannya, secara mengejutkan, jauh dari jelas.

Para pendukung perjalanan menembus waktu mengatakan bahwa persamaan matematik Einstein untuk relativitas umum memang mengizinkan beberapa bentuk perjalanan menembus waktu. Akan tetapi, mereka mengakui bahwa energi yang dibutuhkan untuk memilin waktu menjadi suatu lingkaran begitu besar sehingga persamaan matematik Einstein tidak bisa diandalkan. Di kawasan yang secara fisikal terbuka kemungkinan bagi perjalanan menembus waktu, teori kuantum mengambil alih peranan teori relativitas.

Anda barangkali masih ingat persamaan matematik Einstein yang menyatakan bahwa lekukan atau pelengkungan ruang dan waktu ditetapkan oleh isi materi dan energi di alam semesta. Sesungguhnya, ada kemungkinan untuk menemukan konfigurasi materi-energi yang cukup kuat untuk memaksa pelengkungan ruang dan waktu yang memampukan perjalanan menembus waktu. Akan tetapi, pemusatan materi-energi yang diperlukan untuk melengkungkan waktu ke belakang begitu besarnya sehingga relativitas umum tidak bisa diandalkan dan koreksi kuantum – perbaikan teori kuantum atas kekurangan teori relativitas umum – mulai mendominasi relativitas. Jadi, keputusan terakhir atas perjalanan menembus waktu tidak bisa dijawab di dalam batas persamaan matematik Einstein tadi karena persamaan ini tidak bisa diandalkan dalam medan gravitasional yang sangat luas/besar, tempat kita mengharapkan teori kuantum menjadi dominan.

Inilah tempat teori ruang hiper tentang ruang dasadimensional bisa mengatasi masalah tadi. Baik teori kuantum maupun teori gravitasi Einsten disatukan dalam ruang dasadimensional. Penyatuan ini diharapkan memampukan teori ruang hiper untuk mengatasi secara nyata masalah perjalanan menembus waktu tadi.
Meskipun perjalanan menembus waktu secara teoritis bisa dilakukan, kemungkinan ini dikelilingi berbagai kontroversi. Kontroversi apa?

Ambruknya Kausalitas

Banyak penulis rekaan ilmiah sering bertanya-tanya apa yang akan terjadi seandainya seseorang menembus waktu ke masa lampau dengan menumpang mesin waktu. Di permukaan, kebanyakan cerita mereka tampak bisa dipercaya. Tapi bayangkanlah kekacauan yang akan timbul seandainya mesin-mesin waktu untuk bepergian ke masa lampau sama lazimnya dengan mobil-mobil, dengan puluhan juta mesin waktu bisa diperoleh secara komersial. Malapetaka segera akan timbul karena merobek jalinan alam semesta. Jutaan orang akan pergi ke masa lampau untuk mencampuri urusan masa lampaunya dan masa lampau orang lain dan dalam proses itu menulis kembali sejarah. Sedikit di antaranya bahkan bisa pergi ke masa lampau, dipersenjatai dengan senapan untuk menembak mati orang tua musuhnya sebelum mereka lahir. Maka menjadi mustahil mengadakan suatu sensus yang sederhana untuk mengetahui berapa banyak orang yang ada di sana pada waktu apa pun.

Bayangan seorang pelukis tentang perjalanan menembus waktu dengan memakai suatu mesin waktu; ruang dan waktu sudah dipilin menjadi suatu lingkaran.

Kalau perjalanan menembus waktu bisa dilakukan, maka hukum-hukum kausalitas (sebab-akibat) bisa ambruk. Sesungguhnya, seluruh sejarah sebagaimana yang kita tahu bisa ambruk juga. Bayangkanlah kekacauan yang disebabkan oleh ribuan orang yang bepergian ke masa lampau untuk mengubah peristiwa-peristiwa penting yang mengubah arah sejarah. Awal 1999, Presiden B.J. Habibie sepakat untuk mengizinkan rakyat TimTim mengadakan suatu referendum: apakah mereka ingin merdeka atau provinsinya menjadi suatu daerah otonom di dalam NKRI. Di luar perkiraan, banyak rakyat TimTim memilih untuk merdeka; TimTim sekarang menjadi suatu negara merdeka. Tokoh-tokoh nasional yang radikal di Indonesia tahun 2011 yang masih tetap tidak bisa menerima fakta kemerdekaan TimTim bisa pergi ke masa lampau sebelum Habibie memberi lampu hijau untuk referendum itu, melakukan kudeta terhadap Habibie, memaksa dia membatalkan kesepakatan yang dicapai, menggantikannya dengan seorang rekan mereka sebagai Presiden RI yang baru yang tetap mempertahankan TimTim sebagai suatu provinsi RI, dan kembali ke tahun 2011. Dengan ikut campur tangan dalam sejarah RI dalam hubungan dengan TimTim, mereka mengubah suatu peristiwa penting dalam sejarah modern Indonesia.

Gambar iklan sebuah film tentang perjalanan menembus waktu dengan memakai mesin waktu.

Anggaplah tokoh-tokoh aliran keras Timur Tengah seperti Presiden Ahmadinejad dari Iran yang menginginkan Israel terhapus dari peta dunia bisa memanfaatkan perjalanan menembus waktu ke masa lampau dengan mesin waktu untuk mencapai keinginannya tadi. Dia dan tentaranya berangkat Mei 2011 dan tiba tahun 1967 sebelum perang selama enam hari antara Israel dan tiga negara Arab (Mesir, Siria, dan Yordania) pecah. Dalam perang itu, Israel mengalahkan ketiga-tiganya. Israel melakukan serangan lebih dahulu yang mengagetkan tentara Arab. Tentara Israel menghancurkan tentara dan angkatan udara Mesir, Siria, dan Yordania; mereka menguasai Tepi Barat, Dataran Tinggi Golan, Jalur Gaza, dan seluruh kota Yerusalem. Akhirnya, Israel mencapai perdamaian dengan Mesir dan Yordania. Ahmadinejad dan tentaranya yang tiba dari tahun 2011 di Israel tahun 1967 lalu melakukan serangan dadakan dengan memakai bom nuklir portabel (bisa dibawa ke mana-mana), senjata elektro-magnetik canggih yang bisa mematikan listrik dan semua peralatan elektronik termasuk pada komputer dan pesawat tempur dan tenk-tenk tentara Israel, dan bom hidrogen. Tentara Israel yang dikagetkan serangan dadakan ini dihancurkan dalam waktu singkat, kota-kota di Israel hancur, dan hampir semua penduduknya tewas. Terhapuslah Israel dari peta dunia. Suatu perisitwa sejarah yang penting di Timur Tengah 1967 diubah oleh kemampuan Ahmadinejad dan tentaranya karena mereka mampu kembali ke masa lampau itu dengan mesin waktu dan melaksanakan misinya dengan sukses lalu kembali ke masa depan, yaitu, Mei 2011. Apakah Timur Tengah akan damai sesudah kehancuran Israel atau malah makin kacau karena penentangan oleh beberapa negara Arab terhadap munculnya Iran sebagai negara adi daya kecil pengganti Israel di Timur Tengah adalah salah satu implikasi yang bisa timbul karena perubahan terhadap sejarah di Israel 1967.

Apa implikasi penting dari perjalanan menembus waktu ke masa lampau? Perjalanan macam ini bisa berarti peristiwa sejarah mana pun tidak akan sekalipun dipecahkan. Buku-buku sejarah tidak sekalipun bisa ditulis. Sekalipun terorisme berhasil diberantas sampai tuntas di Indonesia, katakanlah pada tahun 2010, beberapa orang tokoh radikal di masa depan akan selalu berupaya pergi dengan mesin waktu ke waktu sebelum terorisme dibasmi sampai habis tahun 2010 dan menimbulkan terorisme dengan dampak yang lebih mengerikan karena mereka meledakkan Hotel Marriott, Hotel Ritz-Carlton, dan bangunan-bangunan yang melambangkan dominasi Barat lainnya yang mereka benci dengan bom nuklir portabel. Suatu sejarah sukses kepolisian RI dalam memberantas terorisme menjadi berantakan dan harus ditulis ulang.

Implikasi lain dari pengubahan sejarah masa lampau oleh mereka yang tiba dari masa depan dengan mesin waktu adalah bahwa sejarah bisa ditulis kembali semudah menghapus tulisan di papan tulis. Masa lampau kita bisa mirip pasir yang tergeser karena tiupan angin yang terus-menerus. Sejarah akan tetap berubah setiap kali seseorang memutar tombol suatu mesin waktu dan melakukan perjalanannya yang bodoh ke masa lampau. Sejarah, seperti yang kita tahu, akan menjadi mustahil. Sejarah akan berhenti.

Kebanyakan ilmuwan jelas tidak menyukai kemungkinan yang tidak menyenangkan ini. Mengapa tidak? Pertama, menjadi mustahil bagi ahli sejarah memperoleh makna dari “sejarah”. Kedua, paradoks-paradoks yang sejati segera timbul bilamana kita memasuki masa lampau atau depan dengan mesin waktu. Stephen Hawking, ahli kosmologi tenar asal Inggris itu, sesungguhnya sudah memakai situasi ini untuk menyediakan suatu bukti “eksperimental” bahwa perjalanan menembus waktu tidak mungkin bisa dilakukan. Dia percaya perjalanan menembus waktu tidak mungkin terlaksana karena “fakta bahwa kita belum diinvasi oleh kerumunan turis dari masa depan.”

Paradoks-paradoks waktu apakah yang akan timbul dalam hubungan dengan perjalanan menembus waktu?

Bersambung…..

Iklan

8 thoughts on “Lebih lanjut tentang mesin waktu, dan lubang cacing (worm hole) I

Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: