Bercinta dengan Ubuntu 11.10 (bagian 3)


Lanjut … :)

12. Instalasi Aplikasi Pilihan

Instasalasi aplikasi-aplikasi pada Ubuntu 11.10 paling mudah dilakukan melalui Ubuntu Software Center. Ada ribuan aplikasi pilihan di sana, baik yang gratis maupun yang berbayar. Silakan dipilih kemudian diinstal.

Beberapa aplikasi yang saya pasang di komputer adalah Freemind, yaitu aplikasi untuk membuat mind-map. Kemudian Filezilla, ini aplikasi File Transfer Protocol, berkenaan dengan kegiatan saya sebagai blogger, aplikasi ini penting. Aplikasi grafis yang saya pasang adalah GIMP dan Inkscape. Aplikasi multimedia tambahan, karena saya lebih suka ini dibandingkan bawaan Ubuntu adalah Audacious dan VLC Media Player.

Ubuntu menyediakan banyak pilihan untuk pemakainya, silakan saja dipiliha yang disukai. O’ya, aplikasi permainannya banyak yang menarik.

13. Instalasi download manager

Ubuntu sudah menyediakan Axel, Wget, dan aplikasi download manager lainnya di Ubuntu Software Center. Sekarang saya akan menunjukkan bagaimana cara menggunakan aplikasi Prozilla, yang juga merupakan salah satu aplikasi download manager.

Install Prozilla terlebih dahulu dengan masuk ke Terminal dan ketikkan perintah berikut ini:

sudo add-apt-repository ppa:tldm217/tahutek.net
sudo apt-fast update
sudo apt-fast install prozilla

Setelah terinstall, ada baiknya kita mengintegrasikan Prozilla dengan web browser yang kita pakai. Dalam hal ini saya menggunakan Mozilla Firefox. Untuk mengintegrasikan Prozilla dengan Mozilla Firefox, kita harus memasang add-on FlashGot terlebih dahulu.

Silakan menuju ke http://addons.mozilla.org/, kemudian cari FlashGot

Klik Add to Firefox dan tunggu hingga instalasi selesai. Restart Mozilla Firefox. Ingat bahwa tutorial ini saya jalankan dari Ubuntu 11.10, tampilan menu Mozilla Firefox untuk Ubuntu berbeda dengan tampilan Mozilla Firefox pada Win****.

Masuk ke Tools > Add-ons > Extensions

Pada FlashGot, klik tombol Preferences

Pada tab General, bagian Download Manager, cari Prozilla kemudian klik OK. Nah, sekarang setiap kali kita mengunduh dengan Mozilla Firefox, akan ada pilihan apakah kita akan menggunakan Prozilla.

14. Update-Manager

Waktu saya tuliskan bahwa koneksi internet merupakan salah satu prioritas pengguna Ubuntu, di sinilah salah satu alasan utamanya. Ubuntu menyediakan fasilitas Update Manager untuk memberikan update terbaru dari aplikasi-aplikasi yang tersedia dan juga update fitur keamanan.

Arahkan kursor Anda dan klik ikon di pojok kanan atas layar, dan bisa kita temukan fasilitas Update Manager ini.

Jika ada tulisan Update Available … artinya ada update yang siap untuk diunduh dan diinstal. Jika yang muncul tulisan Software Up to Date, artinya semua aplikasi dan fitur keamanan yang terinstall sudah yang paling baru. Silakan klik Update Available … dan muncul jendela aplikasi yang sudah ada update terbaru.

Bisa diklik Check terlebih dahulu untuk mengetahui apakah ada tambahan update, kemudian klikInstall Updates. Tunggu hingga proses selesai, dan Ubuntu kita sudah terupdate.

Okay, seri Bercinta dengan Ubuntu 11.10 ini saya cukupkan sampai di sini ya. Jika ada pengalaman-pengalaman baru yang saya dapat, akan saya bagikan di sini.

=============

Tulisan ini bebas disebarluaskan, dengan catatan menyebutkan/mencantumkan sumbernyahttp://sinaulinux.martianuswb.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s