Benarkah Buddha adalah Nabi Zulkifli a.s?


Benarkah Buddha adalah Nabi Zulkifli a.s? Apakah bukti Buddha adalah Nabi Zulkifli? Kalau kita simak dan pelajari riwayat hidup kedua-dua tokoh ini, maka ada kemungkinan 90 % mereka adalah orang yang sama.

1. Menurut Abu’l Kalam Azad (seorang Urdu scholar), Sang Buddha (Buddha Shakyamuni) yang dikenal sebagai guru suci bagi umat Buddha tidak lain adalah Nabi Zulkifli as, yg dalam Al-Quran disebut sebagai Nabi yg mempunyai tingkat kesabaran yang tinggi, dan sangat baik. Dalam bahasa Arab Zulkifli sendiri berarti “orang yg berasal dari Kifl”. Sedangkan Kifl itu sendiri, masih menurut Kalam Azad, merupakan nama Arab untuk Kapila (singkatan dari Kapilavastu).

2. Buddha Maitreya yang dikenal dalam agama Buddha sebagai “Buddha yang akan datang” menurut beberapa analisa tidak lain adalah Nabi Muhammad saw. Dalam kitab Chakkavatti Sinhnad Suttanta D. III, 76 bisa ditemui: “There will arise in the world a Buddha named Maitreya (the benevolent one) a holy one, a supreme one, an enlightened one, endowed with wisdom in conduct, auspicious, knowing the universe“.

SIAPAKAH NABI ZULKIFLI

Zulkifli bermaksud sanggup menjalankan amanah raja. Menurut cerita, raja di negeri itu sudah lanjut usia dan ingin mengundurkan diri daripada menjadi pemerintah, tetapi beliau tidak mempunyai anak.

Justeru, raja itu berkata di khalayak ramai:”Wahai rakyatku! Siapakah antara kamu yang sanggup berpuasa pada waktu siang dan beribadah pada waktu malam. Selain itu, sentiasa bersabar ketika menghadapi urusan, maka akan aku serahkan kerajaan ini kepadanya.”

Tiada seorang pun menyahut tawaran raja itu. Sekali lagi raja berkata:”Siapakah antara kamu yang sanggup berpuasa pada waktu siang dan beribadah pada malamnya serta sanggup bersabar?”

Sejurus itu, Basyar dengan suara yang lantang menyatakan kesanggupannya. Dengan keberanian dan kesanggupan Basyar melaksanakan amanah itu beliau diberi gelaran Zulkifli.

Baginda juga adalah nabi yang cukup sabar seperti firman Allah, bermaksud:
“Ismail, Idris dan Zulkifli adalah orang yang sabar dan Kami beri rahmat kepada semua karena mereka orang yang suka bersabar.”

SIAPAKAH SIDDHARTHA GAUTAMA

Pada akhir abad ketujuh S.M. (tahun 623 S.M.), lahirlah seorang yang bernama Siddhartha Gautama di bandar Kapilavastu/Kapilavathu (Kapil, lidah Arab menyebut Kafil @ Kafli). Siddhartha Gautama merupakan putera kepada Raja Suddhodana dan Permaisuri Maha Maya. Raja Suddhodana dari keturunan suku kaum Sakyas, dari keluarga kesastrian dan memerintah Sakyas berdekatan negeri Nepal. Manakala Permaisuri Maha Maya pula adalah puteri kepada Raja Anjana yang memerintah kaum Koliya di bandar Devadaha.

Sebelum kelahiran Buddha: Permaisuri bermimpi dibawa oleh 4 orang dewa ke sebuah gunung yang tinggi. Kemudian, permaisuri melihat seekor gajah putih yang cantik. Pada belalai gajah itu terdapat sekuntum bunga teratai. Gajah mengelilinginya 3 kali sebelum masuk ke dalam perut permaisuri.

MAKSUD ISTILAH BUDDHA

Dalam agama Buddha, perkataan Buddha bermaksud ‘seorang yang bijaksana’ atau ‘dia yang mendapat petunjuk’. Kadang kala istilah ini digunakan dengan maksud ‘nabi’. Gautama Buddha pernah menceritakan kedatangan seorang Antim Buddha. Perkataan Antim bermaksud ‘yang terakhir’ dan Antim Buddha bermaksud ‘nabi yang terakhir’ (Antim terakhir yang dimaksudkan ialah Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul terakhir). Pada saat kematian Gautama Buddha, beliau memberitahu perkara ini kepada pengikut setianya bernama Ananda.

Makna “Nabi” dalam bahasa Arab (berasal dari kata naba yang berarti “dari tempat yang tinggi”; karena itu orang ‘yang di tempat tinggi’ dapat melihat tempat yang jauh). Nabi dalam bahasa Arab sinonim dengan kata Buddha sebagaimana yang difahami oleh para penganut Buddha. Sinonimnya pengertian ini dapat diringkaskan sebagai “Seorang yang diberi petunjuk oleh Tuhan sehingga mendapat kebijaksanaan yang tinggi menggunung”.

RINGKASAN KISAH SIDDARTHA GAUTAMA

Kelahiran Bodhisatta (Bodhisattva, bakal Buddha atau bakal mencapai Pencerahan) pada tanggal 623 S.M. pada bulan purnama Vesak. Selepas sahaja Bodhisatta dilahirkan, Permaisuri Maha Maya mangkat selepas tujuh hari melahirkan anak.

Pada hari kelahiran Bodhisatta telah disadari secara ghaib oleh seorang tua yang sedang bertapa di kaki gunung Himalaya yang digelar Asita Bijaksana (nama asalnya Kala Devala). Asita bergegas ke istana pada keesokannya untuk melihat dan menilik putera Raja Suddhodana.

Asita mendapati terdapat 32 tanda utama dan 80 tanda kecil menunjukkan Bodhisatta bakal menjadi Manusia Agung dan Guru Agung kepada manusia dan dewa-dewa (i.e. Jin dan Malaikat, kelemahan umat Hindu dan Buddha ialah tidak dapat bedakan antara Jin dan Malaikat yang keduanya dipanggil DEWA-DEWA).

Asita menangis karena sedih tidak sempat mendengar ucapan dan pengajaran Buddha di masa akan datang, beliau kemudian berlutut tunduk hormat kepada bayi Bodhisatta.

Kenyataan terakhir Asita ialah Bodhisatta hanya akan menjadi salah satu dari dua yaitu sekiranya ia kekal membesar dalam istana dia akan menjadi Maharaja Agung manakala kalau dia berjaya lari dari istana maka dia akan menjadi Mahaguru Agung.

Upacara menamakan putera raja diadakan pada hari kelima selepas Boddhisatta dilahirkan. Pada akhir majlis itu, 108 orang bijaksana memutuskan nama yang sesuai untuk putera raja iaitu SIDDHARTHA GAUTAMA yang membawa maksud ‘Cita-Cita Terkabul’.

Siddhartha kemudian membesar di istana dan belajar kepada seorang guru istana bernama Sirva Mitra. Beliau menjadi pelajar yang luar biasa pintar dan mahir dengan ilmu ketenteraan. Yang menjadi keheranan kepada orang disekeliling dan gurunya ialah sifat Siddharta yang sensitif terhadap penganiayaan hingga tidak ada seorang pun yang beliau lihat menganiaya binatang kecuali mencegahnya serta merta.

Malah beliau sangat bersedih melihat para petani berkerja keras membajak tanah dibawah terik matahari menyebabkannya lari ketempat lain ke sebuah pohon (Tiin-Bodhi) dan duduk di sana secara bertafakur (samadhi) untuk membuang stress.

PERSAMAAN NABI ZULKIFLI DENGAN SIDDARTHA GAUTAMA

Maka berbalik kepada maudhu’ perbahasan, benarkah Buddha itu disebut dalam Al-Qur’an? Sebenarnya tidak ada kata-kata “Buddha” dalam Al-Qur’an, namun menurut Dr. Alexander Berzin bahawa terdapat catatan para sejarawan dan peneliti yang mengaitkan beberapa ayat Al-Qur’an dengan Sang Buddha, yaitu pada maksud ayat;

“Demi (buah) Tin (fig) dan (buah) Zaitun, dan demi bukit Sinai, dan demi kota (Mekah) ini yang aman, sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya. Kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya (neraka), kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh; maka bagi mereka pahala yang tiada putus-putusnya. Maka apakah yang menyebabkan kamu mendustakan (hari) pembalasan sesudah (adanya keterangan-keterangan) itu? Bukankah Allah Hakim yang seadil-adilnya?”(At-Tin 95 : 1)

Beliau menjelaskan bahwa buah Zaitun melambangkan Jerusalem, Isa a.s. (Jesus, Kristian). Bukit Sinai melambangkan Musa a.s. dan Yahudi. Kota Mekah pula menunjukkan Islam dan Muhammad SAW. Manakala pohon Tin (fig) pula melambangkan apa?

Tin (fig) = Pohon Bodhi

Pohon Bodhi adalah tempat Buddha mencapai Pencerahan Sempurna. Al-Qasimi di dalam tafsirnya berpendapat bahawa sumpah Allah SWT dengan buah tin yang dimaksud ialah pohon Bodhi. Prof. Hamidullah juga berpendapat sama dengan al-Qasimi bahawa perumpamaan pohon (buah) tin (fig) di dalam Al-Qur’an ini menunjukkan Buddha itu sendiri, maka dari sinilah mengapa sebahagian ilmuan Islam meyakini bahawa Buddha telah diakui sebagai nabi di dalam agama Islam.

Manakala Hamid Abdul Qadir, seorang sejarawan abad ke-20 mengatakan dalam bukunya Buddha Yang Agung: Riwayat dan Ajarannya (Arab: Budha al-Akbar Hayatuh wa Falsaftuh), menjelaskan bahawa Buddha adalah nabi Dhul-Kifl, yang bererti “ia yang berasal dari Kifl”. Nabi Dhul-Kifl @ Zulkifli disebutkan 2 kali dalam Al-Qur’an:

“Dan (ingatlah kisah) Ismail, Idris dan Dzulkifli (Dhul Kifl). Semua mereka termasuk orang-orang yang sabar.” (Al-Anbiya’ 21: 85).

“Dan ingatlah akan Ismail, Ilyasa, dan Dzulkifli (Dhul Kifl). Semuanya termasuk orang-orang yang paling baik.” (Shad 38 : 48).

KESIMPULAN

“Kifl” adalah terjemahan Arab dari Kapilavastu (Kapil), tempat kelahiran Bodhisattva (Buddha). Hal ini juga yang mungkin menyebabkan Mawlana Abul Azad seorang ahli teologi Muslim abad ke-20 turut menekankan bahawa Dhul-Kifl dalam Al-Qur’an boleh jadi adalah Buddha.

Dalam sejarah Islam, Nabi Zulkifli a.s. adalah antara nabi yang mempunyai cerita yang paling sedikit dibicarakan. Hal ini mungkin menjadi faktor kepada sebahagian ulama’ menyamakan watak Dzul-Kifli dalam Al-Qur’an dengan Buddha yang secara kebetulan banyak persamaan sekiranya disuaikan.

Yang menarik perhatian saya ialah mengenai surah at-tin (the fig). Allah berfirman mengenai pokok/buah tin, pokok/buah zaitun, bukit sinai dan kota mekah. Mekah dikaitkan dgn Nabi Muhammad s.a.w., Bukit Sinai dengan Nabi Musa, zaitun dengan Nabi Isa a.s., dan siapa pula dikaitkan dengan buah atau pokok tin?

Dikatakan dalam sejarah bahawa Gautama Buddha duduk bawah pokok tin. Kalau ikut istilah islam, dia dapat wahyu masa duduk bawah pokok tersebut. Ikut tulisan orang Buddhist, dia dapat ilham masa duduk bawah pokok tersebut.

Bila Allah berfirman :“Wattiini wazaitun. watuurisinina wahazal baladil amin.”
Allah menyebut perihal Nabi-Nabi-Nya. Tiin (Nabi Zulkifli-Buddha), Zaitun (Nabi Isa a.s), Siniina- bukit Sinai (Nabi Musa) dan Baladil amin -Tanah yang aman dan selamat (Mekah)- Nabi Muhammad saw. ia ikut urutan, hebatnya Qur’an sebagai kalimat Tuhan susunan sejarah riwayat Nabi-Nya. Mari kita sama-sama fikirkan. HANYA ALLAH YANG MAHA MENGETAHUI.

sumber

Iklan

39 thoughts on “Benarkah Buddha adalah Nabi Zulkifli a.s?

  1. “Asita mendapati terdapat 32 tanda utama dan 80 tanda kecil menunjukkan Bodhisatta bakal menjadi Manusia Agung dan Guru Agung kepada manusia dan dewa-dewa (i.e. Jin dan Malaikat, kelemahan umat Hindu dan Buddha ialah tidak dapat bedakan antara Jin dan Malaikat yang keduanya dipanggil DEWA-DEWA).”
    sebelum menerbitkan artikel, sebaiknya anda pelajari dulu kebenaranya.. tanyakan kepada para pelaku yang disebutkan pada artikel anda mengenai kebenaran tulisan ini. pada pargraf yang saya kutip dari artikel anda,, dalam agama Hindu dan Budha tidak mengenal yang namanya jin. dan dalam agama Hindu dan Budha yang dikenal hanyalah KALLA atau raksasa sebagai sinopsis mahluk halus,sedangkan DEWA disini adalah sinar suci dari TUHAN.

    dan yang ingin saya tanyakan disini mengeni artikel anda, mana lebih dahulu lahir agama Budha dengan Islam??. kalau Islam lahir lebih dulu dari Budha, maka semua yang dijelaskan di alquran adalah benar.. TETAPI… bagaimana jika Budha terlahir lebih dulu??? hemmmm bisa dipastikan alquran itu hanya memberitakan tentang hal tersebut. karena yang menulis alquran seperti jurnalis dan yang artinya seperti menulis koran.. dimana memberitakan sesuatu yang sudah terjadi bukanya memberitahukan yang belum atau akan terjadi..

    • benerrrrr juga ya…. ALQURAN ==> ALQORAN ==> bahasa arabnya koran jaman dahulu kala siapa ya jurnalisnya??? dan apa nama kantor beritanya ya??? pissss

    • Al-qur’an adalah penyempurnaan kitab2 terdahulu saudara ku.Jadi jika anda mendustakan al-qur’an berarti sama saja anda mendustakan kitab-kitab terdahulu.Al-Qur’an bisa dikatakan intisari dari semua ajaran2 ke-Tuhanan (kebajikan) yang ada didunia mulai dari Zoroaster, Khrisna, Budha(siddharta ghautama), Ibrahim, Musa, Isa sampai penutup para Nabi ,Muhammad SAW.Jika anda mencari 9 perintah dari 10 perintah yang Tuhan turunkan kepada bangsa Yahudi itu juga terdapat pada Al-qur’an ,yang perintah satu itu yang berbeda adalah disuruh memuliakan hari sabat (sabtu).Ajaran zoroaster, yang pertama kali pun disuruh meng Esakan Tuhan.Sedangkan puasa sebenarnya puasa sudah diterapkan oleh orang-orang zaman dahulu sebagaimana firman Allah SWT yang berbunyi :
      Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas “orang-orang sebelum kamu” agar kamu bertakwa.Al-Baqarah Ayat 183.Silahkan perhatikan kalimat bertanda petik.”orang-orang sebelum kamu” berarti adalah orang-orang zaman dahulu sebelum Islam bisa saja orang Budha, orang Hindu, konghuchu dsb.Kemudian tentang pernyataan anda Agama mana yang dahulu lahir, yang dahulu lahir adalah agama Tauhid saudaraku, yaitu sejak zaman Adam pertama kali diciptakan.Ketika penciptaan Adam. as beliau melihat kalimat disurga yaitu “Laa illaa haillallah Muhammaddarrasulullah” “Tiada Tuhan selain Allah Muhammad utusan Allah”Agama tauhid adalah agama yang meng Esa kan Tuhan, Tuhan itu adalah satu.Dari -Nya lah segalanya berasal dan kepada -Nyalah semua kembali. Semoga anda tercerahkan.

    • islam itu dari aslama..berserah diri..pada yg maha kuasa..maha satu..ahadun ahad..sang hyang widi…terserah panggilannya apa…tapi tauhid adalah intinya…

  2. wahai saudaraku juga, dimana dasar hukumya bahwa agama tauhid adalah yang tertua?? . setu saya sedari SD-kuliah yang diajarkan oleh guru, dosen2 ku, bahwa agama hindu yang paling tua. menurut anda kapan adam lahir?? apakah saat masa dinosaurus?? atau setelah prasejarah atau 1400an tahun yang lalu atau saat dunia masih belum ada tumbuh2an??
    dan bagaimana anda bisa bersaksi bahwa muhamad itu utusan allah??, bukanya kalau bersaksi itu kita musti tau orang tersebut??, apa anda kenal muhamad?, dan menurut beberapa sumber,, muhamad itu dulunya merupakan buronan dari kerajaan arab, karena dia berhubungan badan dengan istri raja, lalu muhamad lari, sembunyi di dalam gua, dia disana tidak berni keluar untuk mencari makan, disinilah asa muasal puasa umat islam. lalu mengapa islam melakukan khitan karena muhamad menyesal elah berhubungan dengan istri raja tersebut, lalu muhamad berniat memotong kemaluanya, tetapi karena dia takut, maka hanya ujungnya saja yang di potong. dan kejadian selanjutnya karena muhhamad hampir sebulan didalam gua, dia didatangi oleh raja jin, dam raja jin berjanji untuk melindunginya apabila muhamad mau mengikuti perintahnya.
    lalu jika alquran merupakan rangkuman dari kitab terdahulu,, berarti alquran adalah seperti sebuah media cetak seperti yang saya tulis di post diatas???
    baca juga ini http://ali5196-indonesiafaithfreedom.blogspot.com/

    • Wah, bener2 otak anda ini udah terbalik 360 derajat bukan 180 derajat lagi.Otak anda sudah dicuci yang namanya agen zionis yang sudah bercokol di indonesia yang namanya anda sebutkan pada link yang diberikan.Saya tidak tahu apakah anda muslim atau bukan, yang jelas seorang muslim tidak akan memberikan komentar/pernyataan yang seperti anda berikan.HATI-HATI BUNG !!!.Terus terang saya tertawa sekaligus miris setelah membaca pernyataan anda.link yang beralamat yang anda sebutkan itu adalah link SESAT jangan anda buka lagi.Itu adalah situs liberal yang berupaya menjelek-jelekan ,menghina, mencemooh, menginjak-injak AGAMA ISLAM.saya rasa tidak hanya agama ISLAM saja yang dijelek-jelekannya tetapi juga agama lain.Saya rasa itu adalah upaya dari JIL (Jaringan Islam Liberal) yang berupaya menghancurkan agama ISLAM dengan dalih akal, intelektualitas, kebebasan berpendapat dll.Tetapi jika anda memang benar dari kelompok JIL ini.Maka ma’af seberapa panjang x lebar pun saya menjelaskan tidak akan dapat anda paham, karena otak anda sudah dicuci yang namanya JIL ini.Aduuh2 saya geli sekaligus miris dengan pernyataan anda ini.:D

  3. kojoh yang belum mendapat hidayah…dalam qur’an, ayat pertama yang turun berbunyi ” iqro” yang artinya “bacalah”…saya kira anda harus banyak membaca lagi..ttg sejarah..pra sejarah..4000 tahun sebelum masehi mesir itu sudah memiliki budaya/peradaban…dan hindu belum ada…sekali lagi, sebelum menulis..”iqro” terlebih dahulu…

    • 4000 tahun sebelum masehi mesir itu sudah memiliki budaya/peradaban…dan hindu belum ada…sekali lagi, sebelum menulis..”iqro” terlebih dahulu…” anda yang harus iqro pak…”
      bro koesbiantoro peradaban tertua itu bukan mesir.. tapi mesopotamia,, back to junior high school… (http://id.wikipedia.org/wiki/Mesopotamia)
      emang apa hubungan peradaban mesir n agama hindu???. peradaban dengan agama berbeda pak…. cari sendiri lah penjelasanya… sambil anda belajar ya…
      @iwan blog… Aduuh2 saya geli sekaligus miris dengan pernyataan anda ini.:D
      anda geli karena tidak bisa memungkiri kebenaran dari situs tersebut ya??? hahahaha
      apakah Tuhan menyuruh umatnya untuk ngebom???, bukanya tuhan maha segalanya??, kalo iya ngapaen tuhan repot2 nyuruh manusia mengebom agama lain yang di anggap kafir??? kalo emang beberapa agama kafir kenapa gak tuhanya saja yang ngemusnahin agama trsebut… dasar politic,,,, n sumber teroris,,,, buat bumi kacau n ribut…. pisssss

      • Kalau ada seribu orang saja orang seperti anda ini, niscaya kena musibahlah dunia ini.Siapa juga yang nyuruh2 ngebom saya bukan dari golongan mereka , anda salah sasaran mas.!!!.Silahkan saja anda cari di Al-Qur’an dan al-hadits tentang ayat dan riwayat untuk suruh ngebom.Malah tambah ketawa saya lihat pernyataan anda ini. 😀 Dan kebenaran dari situs itu, anak SD aja udah tau mas klo itu situs nyeleneh.Memang sengaja antek zionis yahudi mendesain website itu menyesatkan akal pikiran ummat ISLAM.Sebelum membuat pernyataan dipikir2 dulu mas .berkaca dulu siapa teroris dan siapa yang buat kacau dibumi ini.Kenyataannya sudah jelas siapa duluan yang memulai perang di timur tengah sana.

  4. mereka cuma membela diri dan membalas mas,,,, coba di cek saja siapa teroris itu????? siapa yang paling anarkis??, siapa yang membuat indonesia kacau??, membuat dunia kacau??. gak usah saya sebutkan,, siapa pun yang baca pasti dah tau,,, liat aja timur tengah mereka sesama aja ribut, saling bom,, apa itu yang diajarin ma agamanya??? gak ada kasih sayangnya… dan juga jika dipikir secara akal waras manusia yang walaupun masih memiliki sedikit kewarasan, akan befikir 1miliar kali untuk mengikuti ajaran itu,…. go damaiiii…. sebarkan kasih sayang di bumi ini

    • Ya sudah pasti tahulah ,yaitu AMERIKA dan Zionis Internasional.Yang biasa membaca perkembangan konflik dunia pasti dunia sudah tahu siapakah DALANGnya.Mereka itu semua sebenarnya DALANG KERIBUTAN YANG ADA DI TIMUR TENGAH bung.Sebaiknya yu banyak2 membaca berita2 internasional.Siapa yang sering menjadi korban.Tidak lihatkah anda Amerika itu habis mengobok-ngobok Iraq,Afghanistan, Suriah dan sebentar lagi entah negara TIMUR TENGAH mana lagi yang di obok-obok oleh Amerika, Israel serta Yahudi ZIONIS Internasional.Dari zamannya Nabi Musa hingga sekarang sepertinya tidak tenang jika hidup bertetangga dengan negara ilegal ISRAEL,seperti Palestina,Lebanon,Suriah.Tidak lihatkah anda penderitaan bangsa Palestina hampir setiap hari nyawa anak2,wanita, pemuda2 palestina tiada harganya.Coba anda pikir posisi mereka Palestina,lebanon dan lainnya sama dengan Indonesia pada masa penjajahan kolonial.Oleh karena itu wajib hukumnya untuk membela tanah air dari injakan kaki-kaki penjajah.Apakah yang anda lakukan jika tanah air anda dinjak-injak oleh penjajah, apakah anda hanya diam saja atau malah menawarkan diri berkomplot dengan mereka (penjajah) dengan menjual asset bangsa ini.Astaghfirullah.ISRAEL itu PENJAJAH bung dan dibantu dengan segala macam organisasi rahasia indukan mereka dari beberapa negara entah itu FREEMASON,ROTHSCHILD,BILDERBERGER,ROSSICRUCIAN dsb.Yang ada di Amerika,Irlandia.Sebaiknya anda banyak2 membaca sehingga anda lebih paham penderitaan ummat ISLAM.Sekarang saya tanya anda ini MUSLIM atau bukan.Jika anda MUSLIM setidaknya ada sedikit rasa iba, kasihan, prihatin dengan pelanggaran HAM yang ada di timur tengah.Jadi timbulnya konflik yang ada di timur tengah itu bukan dari mereka sendiri , itu sudah ada sutradaranya yaitu zionis internasional BUNG.!!.PAHAMILAH kata2 ku ini.Jika anda bukan MUSLIM maka wajar saja jika anda berkomentar seperti sebelumnya.

  5. bung,, kalu kita prihatin, apakah mereka prihatin terhadap kita???. jawabanya tidak… kenapa???.. mereka menganggap kita orang bodoh,. kita membantu mereka, tapi coba anda lihat,,, baca berita atau koran,,, orang indonesia di aniyaya disana.. diperkosa, dibunuh… malahan lebih parah lagi, mereka membom indonesia…. dengan organisasi jamaah islamiyah.. apa negara zionis yang anda maksud pernah menganiyaya warga indonesia yang berkerja di negara mereka?? apakah mereka menyuruh warganya untuk ngebom indonesia???. pikir itu bung… apa mereka orang timur tengah merupakan orang yang harus di agung2 kan oleh muslim indonesia dan harus di hormati??, terlebih sikap mereka kepada warga indomesia kususnya TKI sang pahlawan devisa??? pikir bung.. merka (timur tengah) pantas mendapatkan itu semua itu balasan dari tuhan!. kalau mereka benar, pasti mereka menang,, (bisa diambil contoh indonesia saat dijajah walaupun bermodal bambu runcing pahlawan indonesia bisa menang). itu karena mereka membela kebenaran dan tuhan lebih tau itu.. you understand boy????

    • Wah, anda ini tidak paham2 juga yah, yang saya maksud negara Timur Tengah yang diinjak-injak oleh Zionis Internasional serta kawan2 nya Amerika ,Inggris, Israel bung.Seperti Afghanistan, Palestina, Iraq, Lebanon.TKI jarang ada disana paling2 tenaga kesehatan bahkan Indonesia membangun sebuah rumah sakit di palestina.Sedangkan TKI itu *SEBAGIAN BESAR *kerjanya di Arab saudi sono…, memangnya anda tidak tahu bahwa *Arab Saudi itu bersahabat dengan Amerika BUNG* !!!. Kemudian diam2 zionis yahudi masuk melalui lobi2 yahudi yang ada di amerika, untuk mempengaruhi Arab saudi baik itu kebijakan ekonominya dsb nya, sampai ke masalah TKI oleh sebab itu Arab Saudi seperti tidak peduli dengan nasib TKI ada yang disiksa, dibunuh, diperkosa dsb nya.Karena *mendapat pengaruh dari zionis yahudi internasional BUNG!!!.Ingat itu*,anda kan tahu sendiri bagaimana ISRAEL memperlakukan PALESTINA seperti budak, begitu juga Arab saudi memperlakukan TKI Indonesia seperti budak *KARENA* *MENDAPAT PENGARUH DARI ZIONIS YAHUDI INTERNASIONAL MELALUI LOBI2 YAHUDI LEWAT AMERIKA*.Belum PAHAM juga!!!,kalau belum paham juga maka memang hati anda ini benar2 terbuat dari *BATU*.!!!.Akal pikiran dan hati anda telah tertutup oleh propaganda2 ZIONIS.

  6. sabar ajah mas iwanblog ga usah di urusin org kek gitu mungkin sih kojo ni kurang perhatian dan kasih syang dri ortu dan juga mungkin sih kojo ni org yg ga punya agama atau sejenis jin/setan/alien yg ingin menyesatkan….hahahahahaha

  7. bung,,,, salah satu kepercayaan , setiap hari ceramahnya kok menjelekan agama lain ya??, lalu menganggap tuhanya sendiri yang paling benar.. lalu kepercayaan yang lain tuhanya palsu ya???, kalo tuhanya palsu siapa yang nyiptain dia??, gini ya mas,, apapun kepercayaan orang mau zionis kek, yahudi kek,, toh mereka damai2 aja, n maju2 lagi, anda saja menggunakan alat2 atau produk teknologi dari yahudi or zionis,, masalah mereka menyerang negara timur tengah,, pasti ada alasan yang masuk akal,, yaitu kedamaian mereka yang telah di usik terlebih dahulu…
    dimana2 yang ada kepercayaaan yang satu ini pasti tempat itu penuh musibahh… sok paling bener,, liat ne indonesia gk maju2 gara sebagian besar masyarakatnya sok paling bener…. pikir massss
    piss ya,,, selamat berpuasa

    • Menanggapi anda malah sepertinya bikin dosa.Tapi tidak apa2 selama mengungkapkan kebenaran.”DIMANAKAH KALIMAT SAYA MENJELEKKAN AGAMA LAIN !!!”.Begitulah resikonya jika kita menyuarakan kebenaran rasanya PAHHHITTT tapi saya berpegang pada hadits Nabi “Sampaikanlah kebenaran walaupun itu terasa pahit”, Agama anda sendiri saya tidak tahu apakah anda Atheis, Pagan atau lainnya.Jika didalam diri anda ada kedengkian ya memang susah untuk mencerna setiap artikel2 yang ada disini.Zionis damai2 aja tau darimana BOSS, negara tetangga nya ISRAEL itu tidak tenang malah was-was karena tiap malam siapa tahu ada rudal nyasar kerumahnya.Zionis / ISRAEL maju memang dari dulunya dikaruniai Tuhan kecerdasan luar biasa, TAPIII ada tapi nya mereka tidak bersyukur akan karunia yang diberikan oleh Tuhan, jadinya yaa seperti itu.Teknologi atau alat dari Yahudi !!.coba anda baca sejarah siapa sebenarnya yang pertama kali konsep “KOMPUTER” Angka Nol saja ditemukan oleh Ilmuwan Al-Khawarizmi.Kemudian tentang konsep “Engkol pada pipa2″.Kemudian Optik ,Globe,dan lain sebagainya jika saya sebutkan satu-persatu pasti penuh lah komentar ini.Hanya saja Barat tidak mau berterus terang dari mana kemajuan Ilmu Pengetahuan berasal.Coba anda baca sejarah ISLAM di Andalusia ,SPANYOL.Niscaya akan jelaslah semuanya ,tapi seperti yang saya bilang tadi jika di hati kita ada kedengkian, kebencian maka susahlah kebenaran itu masuk kedalam hati sanubari Anda.!!!.Adanya artikel ini hanyalah sebagai pengetahuan, analisa Objektif benar atau tidak hanya TUHAN yang tahu jika anda percaya silahkan jika tidak juga tidak apa-apa.Sekali lagi DIMANAKAH SAYA MENJELEK-JELEKAN KELOMPOK ATAU AGAMA TERTENTU.”!!!.Malahan anda sendiri yang pertama kali mengatakan “benerrrrr juga ya…. ALQURAN ==> ALQORAN ==> bahasa arabnya koran jaman dahulu kala siapa ya jurnalisnya??? dan apa nama kantor beritanya ya???” .Al-qur’an kok disamakan dengan Koran mas mas mbok sing bener otake mikir.Al-Qur’an itu masa kadaluarsanya sampai akhir zaman bung sedangkan koran paling besok udah basi beritanya.

    • Hehehe kojoh kasian bgt sih Lu, dah tutupin dulu tuh tuhan lo yg digantung ditembok kasian kedinginan hehehe, mana pake cd doank pula, alamak….

  8. mas kojo, saya ndak bilang mesir tertua..saya cuma kasih tahu pean kalo hindu bukan agama tertua seperti kata guru sampean..santai ae mas..gak usah bingung nyalahno opiniku…tapi kalo kita bisa ketemu lebih enak ngobrolnya..sambil ngopi..tambah siip..gimana?? aku di bandung, margahayu raya…

  9. kalo dua orang yg berbeda keyakinan berdiskusi sampai kapanpun tidak akan ada achirnya yg penting masing masing tidak saling menjelekkan karena kebenaran ini sulit dibuktikan . Agama sdh ada sejak ribuan tahun yang lalu jadi itu merupakan keyakinan yang dianut dari generasi ke generasi jadi tidak perlu dipersoalkan.

    • Yang penting saya sudah menyampaikan analisa secara objectif , tinggal kitanya menggunakan akal fikiran, hati dan lain sebagainya yang dianugerahkan oleh Tuhan.

  10. hahaha kojoh gokil banget y goblognya. . .

    udah mas iwan biarin aja si kojoh itu,percuma ngaledin orang sesat kayak gitu . .

    semoga aja si kojoh mendapat hidayah dari allah swt . . .

  11. Dan Hanya Allah lah yang menurunkan hidayah. Allah telah mengunci mati hatinya Dan tempatnya Adalah di Neraka Jahannam.
    Qul yaa ayyuhal kaafiruun.. Lakum diinukum wa li yadiin..

  12. Buat kaum muslimin, mari teladani kesabaran Baik dari orang orang terdahulu Dan Dari nabi Kita tercinta, selamat ber puasa semoga menjadi orang yg bertaqwa.. Amin.

  13. kebanyakan umat islam bila minoritas akan ditindas (diskriminasi umat islam di eropa,pembantaian di bosnia,burma,palesitna,)kalau mayoritas insya allah toleransi dijunjung(kebebasan warga yahudi zaman ottoman,saling menghormati di Indonesia,dll)

  14. Berapa ratus tahun kita dijajah oleh bangsa asing? Membunuh memperkosa menindas kita dgn semena2, dan mencekoki kita dgn keyakinan mrk, wajar jika stlh kita kuat kita membalas penghinaan dan penindasan yg dilakukan oleh bangsa2 penjajah tsb, saat ini mrk tetap tdk bosan2nya mengeruk kekayaan alam kita di Indonesia, membayar murah kita dari hasil ribuan persen yg mrk tlh dapat dan bawa pergi dr bumi indonesia, penjajahan modern yg licik dan penuh akal bulus mrk bermain cantik dgn alasan HAM dan cinta kasih, tapi menggunting dlm lipatan, menusuk dr belakang, memberi tp memanen 1000 persen, masih ingatkah kita akan tingkah Bangsa Romawi (Roma) yg kesana sini menjajah bangsa-bangsa lain? Masih ingat Amerika yg merampas tanah milik penduduk asli yakni suku Indian dan memproklamirkan diri bhw mrk lah penemu Benua Amerika? Masih ingatkah kita para napi inggris di Australia yg merampas tanah para aborijin dan membangun negara di tanah leluhur aborijin tsb dan skrg mrk mjd org2 tersingkir di negri sendiri? Masih ingat bangsa Philipina yg dulunya mayoritas muslim lalu datang Portugis dan Spanyol dan memaksa mrk utk ikut masuk agama mrk dan bagi yg tdk mau akan dibunuh? Daaan masih banyak lagi contoh2 yg lain kebusukan kaum zionis penjajah yg bisa kita ungkap kalau kt mempelajari sejarah,

  15. kebenaran dan kebatilan akan selalu berperang sampai akhir zaman .. lihatlah orang seperti Kojoh, Naudzubillahimindzaalik …. betapa gak bermoral …. sangat bejad mulut nya<dan busuk hati nya … coba dia klo berani menyatakan gitu di depan umum. memang manusia sampah , gak salah yang membunuh klo yang di bunuh orang macam dia …. orang pengecut hanya berani di belakang …. Kafir emang !!!!!

  16. mas iwanblog@ walaupun ampe penuh pnjelasan yg anda kasih percuma wong kojoh “laknatullah alaih” itu g tau ap g prnah baca sejarah dunia
    dg mngatakan Nabi Muhammad adlh pelarian/ buronan raja arab
    kan waktu jaman nabi masyarakat arab ga ada kerajaan apa lagi di pimpin seorang raja waktu itu kan masyarakat nya sndiri terdiri dari kabilh”/ suku yg terpencar jadi raja mana yang di maksud..?
    dan mengatakn nabi brsembunyi di gua dan berpuasa 30 hr krna takut keluar adlah kebohongan yg nyata pdhl waktu itu anak abu bakar sendiri yg mngirim makan pd Beliau
    dan soal khitan sndiri yg d ktakan krna penyesalan Beliau adlh fitnah yg tramat sangt keji krna semua agama tauhid mensyariatkan khitan sbgamana Nabi ibrahim sbgai bapak ajaran tauhid /samawi mnsyariatkan khitan
    kalo kojoh seorang nasrani suruh baca injil ny dimana Yesus / Isa a.s juga berkhitan
    kalo dia yahudi suruh baca taurat di mana Musa a.s jg berkhitan
    jadi g heran lo Islam yang notabenya penyempurna agama” yag lalu juga mnyariatkan khitan
    dan sbagai Muslim kita wajib membela dg segenap jiwa raga trhadap segala fitnh keji yg di alamat kan pd Baginda Rosulullah sebagaimana para sahabat dulu rela menukar nyawa ny demi kehormatan dan keselamatan Rosulullah

  17. Fitnah terbesar adalah fitnah dadjal .. Mungkin ia adalah salah satu pengikut dadjal laknatulullah alaih.. . Yang mencoba memutar balikkan fakta , tuk kita terjerumus dlm kesesatannya

  18. dajal, setan, iblis, malaikat,semua di ciptain oleh allah,. tpi saya gak tw kenapa allah ngciptain makhluk kyak gtu..! sdangkan allah gak protes trhadap ciptaannya, knpa kalian pda protes mengemukan pendapat kalian. kalian apa mau menentang allah? trus kalau orang emang beda keyakinan itu kan jga kehendak allah, knapa msih diributin..! dasar org2 anehh..! ktanya kalau menentang kehendak allah dosa tpi kok malah pda menentang. huu…

  19. Ente semua PERLU LEBIH BANYAK MEMBACA , TAPI BUKAN HANYA DI INTERNET , TENTU NYA DARI BUKU DAN KALAU KURANG ngerti BERTANYA LAH PADA YANG BIJAKSANA . APA PUN SAYA KATAKAN ENTE SEMUA BAGUS , SEBAB MAU MEMBERIKAN PENDAPAT

  20. Semuanya benar , ingat yg paling penting adalah sikap dan perbuatan di dunia, jgn bertengkar sprti ini , utamakan kebaikan hati hargai pndpt orang , lom tentu yang kita percayai sekarang benar . Ingat ygling utama aduh kebaikan hati , jgn melihat keluar lihatlah ke dalam.

  21. semoga KOJOH mendapat hidayah dari ALLAH karna sudah banyak yg seperti dia, berawal dari benci jijik dan anti ..
    tapi ALLAH itu MAHA TAU…mudah2an dia mendapat hidayah…
    Kita yg Muslim tdk perlu Panik atau sakit hati menghadapi org seperti beliau…
    sama2 kita doakan beliau dapat hidayah dari ALLAH…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s