Jatah Usia Manusia Tidak Lebih Dari Satu Hari


Malaikat-malaikat dan jibril naik (menghadap) kepada Tuhan dalam sehari yang kadarnya lima puluh ribu tahun.
(Q.S. 70 : 4)

Berapa usiamu saat ini…??…mungkin seperti itu pertanyaan yang sering kita dapatkan bila bertemu dengan teman baru. 23 tahun kah, 30 tahun kah, 45 tahun kah…ternyata belum genap satu hari…begitu isi tadabur Al Qur’an yang telah aku baca dalam Surat ke 70 ayat ke 4. Malaikat-malaikat dan Jibril jika menghadap Allah SWT, memakan waktu satu hari. Apabila dilakukan oleh manusia, memakan waktu 50.000 tahun.

Sudah berapa lama aku berbuat dosa pada Allah SWT dan sudah berapa lama aku beribadah pada-Nya. Pertanyaan-pertanyaan itu sering kali terlintas dalam pikiranku. Bila usia kita saat ini 25 tahun, maka perhitungan negeri akhirat adalah hanya 0,0005 hari, masih belum sampai pada 1 hari.

Lantas, bila kita sama ratakan perhitungan usia balig manusia yaitu 10 tahun. Maka, hanya 15 tahun negeri akhirat akan memperhitungkan segala amalan kita. Sedangkan, 10 tahun merupakan usia persiapan, untuk kita dapat mengemban tanggungjawab dari segala perbuatan yang akan kita lakukan kelak, nama lain dari usia bonus untuk manusia. Sehingga, usia yang akan diperhitungkan di negeri akhirat menjadi 0,0003 hari. Semakin sedikit, semakin pendek, dan semakin sebentar hidup kita di dunia bila kita mencoba untuk memikirkannya. 0,0072 jam segala amal perbuatan kita akan diperhitungkan.

Apa yang telah kita lakukan untuk memanfaatkan waktu 0,0072 jam tersebut. Sedangkan, untuk menulis artikel ini pun aku membutuhkan waktu satu jam, bila saat ini aku menggunakan waktu negeri akhirat, maka artikel ini belum sempat aku selesaikan. Aku akan membutuhkan waktu 2083.3 tahun. Subhanallah…setua apa aku hanya untuk menyelesaikan satu artikel ini…

(Ribet yah itung-itungannya…aku aja yang nulisnya ribet, malah masih kepikiran nih, betul ga’ ngitungnya…ha..ha..ha..yah kalo’ salah maaaaaaff banget, sama-sama ngitung deh, pokoknya patokannya Q.S. 70:4.)

Mentadaburi Surat ke 70 ayat 4 diatas. Semakin kuat makna sebuah kalimat bijak yang mengatakan,”Jangan tunda hingga esok apa yang bisa anda lakukan hari ini…”. Sebab, Allah SWT hanya memberi jatah waktu hidup manusia tidak lebih dari satu hari.

Kalau saat ini ingin melaksanakan shalat lima waktu, lakukan sekarang, saat Adzan berkumandang kelak, segera sentuh air wuduh itu. Kalau saat ini berniat bisa membaca Al Qur’an, tekadkan dalam hati untuk istikhomah meraihnya. Kalau saat ini ingin meraih prestasi setinggi mungkin, persiapkan sekarang, jangan tunda untuk memulainya. Kalau saat ini berniat untuk menggunakan jilbab, segera lakukan, ambil taplak meja itu…cocokkan. (uups…)

Satu hari… ketika matahari akan sedikit beranjak naik, digantikan bulan dan sampai bulan akan segera perlahan-lahan menghilang.

Sebelum bulan itu benar-benar menghilang dari kehidupan kita dan mengurangi sedikit demi sedikit usia kita. Mari, Beramal dan beribadah sesuai dengan yang diperintahkan oleh-Nya, sebab berapa pun usia kita saat ini, ketahuilah bahwa tidak lebih dari satu hari Allah SWT memberi jatah hidup untuk manusia.

Saat artikel ini akan aku akhiri, penggalan dua ayat dari Al Qur’an Surat 20 mungkin dapat menjadi penutup artikel ini, dan juga sebagai penguat informasi dari Sang Maha Pencipta, bahwa kita hidup di dunia ini tidak lebih dari satu hari.

Mereka berbisik-bisik di antara mereka,”Kamu tidak berdiam (di dunia) melainkan hanyalah sepuluh (hari).”Kami lebih mengetahui apa yang mereka katakan ketika berkata orang yang paling lurus jalannya di antara mereka,”Kamu tidak berdiam (di dunia), melainkan hanya satu hari saja.
(Q.S. 20 : 103-104)

tulisan  Puput AlMumtahanah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s