7 Gagasan Mendunia Yang Ternyata Ide Hitler


7 Gagasan Mendunia Yang Ternyata Ide Hitler
Jika kita berbicara tentang sosok Adolf Hitler, maka yang pertama kali melintas dalam benak kita mungkin adalah berbagai kisah kekejamannya sebagai pemimpin NAZI. Sejarah dunia bahkan mencatat dan menghujatnya sebagai seorang penjahat perang. Tapi tanpa kita sadari, Hitler sebenarnya adalah seorang pemimpin cerdas yang memberi banyak perubahan positif bagi Jerman. Beberapa ide cemerlang Hitler bahkan kemudian mendunia dan masih dipergunakan hingga saat ini.
1. Kampanye Anti Rokok
Kesadaran Hitler akan bahaya merokok didasari karena ia pada awalnya adalah seorang perokok berat sebelum akhirnya ia berhasil berhenti. Ia pun lalu melakukan kampanye besar-besaran akan bahaya dari merokok. Berkat kampanye ini, jumlah perokok berhasil dikurangi, bukan hanya di Jerman tapi juga di wilayah Eropa lainnya. Ia membatasi jatah rokok, melarang merokok di tempat umum dan terbuka, serta mengkritik pengolahan tembakau.
2. Penggagas Mobil Rakyat: Volkswagen
VW dulunya merupakan gagasan Hitler untuk menyediakan mobil murah bagi rakyat. Kesuksesan VW pada masa itu memang sempat terhenti akibat gejolak perang dunia, namun kenyataannya hingga hari ini VW terus berkembang hingga ke seluruh dunia.
3. Penggagas Jalan Tol
Jalan tol pertama di dunia ternyata lahir berkat ide dari Hitler. Hanya saja pada saat itu konsep jalan tol ini dimaksudkan untuk mempermudah jalur perang di Jerman. Pada akhir tahun 1933 kontruksi pertama dimulai dan berakhir pada tahun 1941 sebanyak dua konstruksi dengan panjang melebihi 3000 km. Gagasan Hitler ini kemudian pertama kali diadopsi oleh Amerika Serikat pada sekitar tahun 1940-an untuk mengatasi kemacetan lalu lintas.
4. Pengembang Roket Pertama
Roket pertama di dunia ternyata sebenarnya bukan dikembangkan oleh Amerika melainkan di bawah stasiun penelitian Hitler. Para ilmuwan Jerman yang dikepalai oleh Werner von Braun berhasil membuat roket V-2. Akibat penangkapan sekutu akhirnya Braun berdomisili di Amerika Serikat dan bergabung dengan NASA. Di sana ia berhasil membuat roket pendorong Saturn V yang mengawali sejarah manusia menyentuh bulan pada tahun 1969.
5. Perintis Teknologi Film
Pada masa kepemimpinan Hitler, banyak film kontroversial yang disebarkan bagi kepentingan propaganda NAZI. Untuk membuat film dengan durasi rata-rata dua jam tersebut, digunakan berbagai editan dan teknik perpindahan kamera untuk menghasilkan efek halus pada gambar. Jerman pun sukses menjadi perintis tekhologi perfilman yang terus berpengaruh dan mengalami perkembangan hingga saat ini.
6. Penggagas Perlindungan Hewan
Kamu tahu, Hitler adalah seorang vegetarian. Hal ini memang dilandasi alasan kejijikan Hitler melihat daging ketika menyaksikan otopsi bunuh diri keponakannya. Namun, sejarah membuktikan bahwa Hitler bukan saja menetapkan hukum perburuan nasional bagi Jerman, ia juga membiayai pendidikan konservasi hewan hingga tingkat perguruan tinggi, dan hukum perlindungan terhadap hewan yang juga diakui serta didukung dunia.
7. Penggagas WHW (Winter Help Work)
WHW atau kampanye bantuan musim dingin yang digalakkan oleh Hitler lewat program amal NAZI membantu lebih dari 16 juta jiwa rakyat Jerman pada tahun 1933-1934. WHW merupakan bentuk kepedulian Hitler terhadap solidaritas nasional hidup rakyat Jerman. Program amal seperti ini diikuti banyak Negara setelahnya.
Artikel terkait :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s