Ringkasan Kajian fiqih Imam As- Syafi’i III


Sunnah Sunnah berwudhlu 

  1. Mendahulukan yang kanan di atas yang kiri.Rasulullah SAW bersabda jika kalian berwudhlu mulai lah dengan yang kanan.(Hukum nya Sunnah ) Jika kiri dulu Hukum nya makruh.
  2. Menggosok tangan di atas anggota badan ,didalam mahzab Syafi’i Hukum nya Sunnah selain mahzab Syafi’i Hukum nya wajib.
  3. Al wala, Dia mengerjakan perbuatan wudhlu berkesinambungan tanpa ada jeda, tidak sampai kering air wudhlu.jika di lakukan Hukum nya makruh tapi sah.Akan tetapi jika orang berpenyakit atau selalu berhadats tidak dibolehkan. Perbuatan ini pernah di lakukan sahabat Ibnu Umar berwudhlu dengan jeda,Dan tidak ada satupun yang mengingkari nya.
  4. Memperpanjang qurroh :membasuh bagian wajah dia lebihkan sampai kepala dan bagian sisi nya.Tahjil : membasuh siku hingga keatas /lengan.Kemudian bagian kaki hingga setengah betis.Hikmah :memperkuat identitas kita sebagai Ummat Rasulullah SAW.
  5. Mengucapkan dua kalimat syahadat setelah berwudhlu.Sunnah dibaca dalam posisi menghadap kiblat.Rasulullah SAW bersabda :Barangsiapa berwudhlu dengan sempurna beserta sunnah 2 nya maka akan di bukakan pintu surga dari mana saja dia bisa masuk.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: