Ringkasan kajian fiqih Mahzab Imam As-Syafi’i Bab Syarat sah nya sholat V


Syarat sah nya sholat

  1. Menghadap kiblat,apabila ada yang melihat Mihrab (tempat Imam Sholat) kaum Muslimin maka tidak perlu berijtihad untuk menentukan kiblat sholat karena biasanya yang membuat Mihrab tidak asal asalan dan ditentukan oleh orang 2 yang ahli membaca kiblat ,seperti dengan kompas atau semacam nya.
  2. Boleh hukum nya sedikit condong ke kiri atau ke kanan apabila kita ragu dengan Mihrab yang di tentukan , karena kemungkinan masih ada kesalahan dalam menentukan kiblat di Mihrab.Tidak wajib mengikuti arah Mihrab jika kita yakin arah Mihrab kurang pas.
  3. Wajib hukum nya jika tidak mengetahui arah kiblat untuk bertanya kepada orang muslim atau masyarakat yang ada disitu.Jika tidak ada yang tahu arah kiblat untuk sholat maka wajib untuk berijtihad

Kesimpulan nya mempelajari bukti bukti ,petunjuk petunjuk arah kiblat hukum nya fardhu kifayah.Kecuali dalam perjalanan musafir maka harus mengetahui arah kiblat seperti dengan membawa alat kompas.Atau GPS dan hp jika yakin di tempat tersebut ada sinyal.

1.Adapun dalam keadaan pecah nya perang boleh meninggal kan penentuan arah kiblat .Atau jika menghadap kiblat bisa membahayakan nyawa nya dan disini kata Ulama di maafkan.

Dalam praktek praktek dalam Agama banyak hal hal yang diringankan atau di maafkan apabila menghadapi bahaya.

2.Sholat sunnah dalam perjalanan safar, disitu boleh sholat tidak menghadap kiblat dalam kendaraan nya.Selama sholat sunnah.Seandai nya bisa menghadap kiblat dalam kendaraan maka wajib bagi nya untuk takbiratul ihram selanjutnya tergantung arah kendaraan nya.Hikmah nya supaya dipermudah untuk sholat sunnah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s