Sisi Lain Operasi CIA yang Gagal


Sudah banyak film-film yang menceritakan mengenai kehebatan CIA, atau berita-berita mengenai ketangguhan agen CIA. NAmun CIA tetaplah dihuni oleh orang-orang biasa yang kadang juga melakukan kesalahan. Dibawah ini adalah operasi-operasi CIA yang boleh dikatakan gagal.

10. Acoustic Kitty

Quote:

Kebanyakan orang tidak akan berpikir kucing rumah biasa sebagai agen mata-mata, tapi CIA yakin itu. Pada tahun 1960, intelijen Amerika dikatakan telah menghabiskan lebih dari $ 20 juta pada “Acoustic Kitty,” sebuah proyek rahasia yang kucing sebagai alat perekam. Proyek mengambil sekelompok orang yang terlatih menangani kucing dan melakukan pembedahan untuk menanam implan mikrofon, antena dan baterai ke dalam ekor mereka, dan kemudian melepaskan mereka di dekat Kedutaan Rusia. Idenya sederhana kucing tersebut berjalan mendekati sekelompok pejabat komunis dan mendengarkan percakapan mereka,Acoustic Kitty yang kemudian dapat kembali ke agen berkas dengan peralatan radio canggih.

Quote:

Rencana itu akhirnya dimasukkan ke dalam tindakan, tetapi kucing pertama yang dikirim ke lapangan ditabrak taksi sebelum dapat membuat rekaman, dan operasi ‘Acoustic Kitty “ditinggalkan segera sesudahnya.

9. Operation Mockingbird

Quote:

Salah satu yang paling ambisius dan sungguh-sungguh program-program berbahaya yang pernah diluncurkan oleh CIA adalah Operasi Mockingbird, proyek propaganda yang dilaksanakan pada awal 1950-an. Itu adalah usaha besar yang melibatkan sebanyak 3.000 agen CIA dan kolaborator dalam usaha untuk mendapatkan kontrol dari pers bebas dengan memberi makan kelompok wartawan memilih informasi dan menggunakan surat kabar di rumah dan di luar negeri untuk menyaring jenis-jenis cerita yang sampai ke publik. Pada puncaknya, program ini melibatkan penulis untuk New York Times, Newsweek, dan Time Magazine di antara barisan, dan dikatakan memiliki pengaruh signifikan terhadap 25 surat kabar utama. Program ini mempunyai pengaruh besar di luar negeri, serta, karena melayani fungsi utama dalam membantu untuk memengaruhi opini publik di putaran sampai akhirnya menggulingkan presiden Guatemala yang beraliran kiri. Operasi Mockingbird terus memiliki pengaruh besar pada media di seluruh dunia sepanjang 50-an, dan tidak sampai 60s bahwa serangkaian laporan oleh wartawan investigasi mengakibatkan proyek ini dihapus.

8. Operation Gold

Quote:

Salah satu operasi intelijen yang paling spektakuler saat Perang Dingin tahun 1953 adalah Operasi Emas, yang merupakan kerjasama antara CIA dan MI6 Inggris menghack ke saluran telepon markas Soviet di Berlin Timur. Hal ini membutuhkan pembangunan besar-besaran 450-meter terowongan panjang yang akan bersinggungan dengan sambungan telepon bawah tanah. Hanya mempersiapkan terowongan waktu enam bulan, dan melibatkan sejumlah besar risiko dan dalih. Tetapi ketika itu dilakukan, CIA mulai merekam dengan hati-hati sebanyak 50.000 percakapan telepon selama hampir satu tahun. Masalahnya? pengkhianat di intelijen Inggris telah memberitahu KGB tentang Operasi Gold bahkan sebelum terowongan tersebut selesai, dan Soviet telah memberi informasi palsu kepada CIA sepanjang waktu. Pada tahun 1956, Soviet menyerbu terowongan dan mematikannya, dan operasi akhirnya menimbulkan banyak kontroversi bagi Amerika dan komunitas intelijen Inggris.

7. Operation Northwoods

Quote:

Pada awal 1960-an, ketika Perang Dingin dalam ayunan penuh dan rasa takut terhadap komunisme merajalela, rencana yang dijuluki Operasi Northwoods diusulkan CIA Amerika. Singkatnya, itu menyarankan pemerintah untuk melakukan serangkaian tindakan kekerasan teroris di kota-kota AS sendiri termasuk pengeboman, pembajakan, kerusuhan palsu, dan sabotase, yang semuanya kemudian bisa disalahkan ke Kuba. Ini akan menghidupkan dukungan untuk perang melawan komunis dan akhirnya mengarah pada operasi militer untuk menyingkirkan Fidel Castro dari kekuasaan. Rencana itu disusun dan ditandatangani oleh Kepala Staf Gabungan dan disajikan kepada Presiden John F. Kennedy, yang secara pribadi menolak itu, dan kemudian ditinggalkan. Selama bertahun-tahun setelah itu, Operasi Northwoods ada sebagai rumor, tapi akhirnya terungkap untuk menjadi kenyataan ketika dokumen-dokumen rahasia yang menggambarkan rencana dibuat publik pada tahun 1997 sebagai bagian dari rilis kertas pemerintah yang berkaitan dengan pembunuhan Kennedy.

6. Project Pigeon

Quote:

Salah satu yang paling tampak tidak masuk akal program militer sepanjang masa terjadi selama Perang Dunia II, ketika psikolog perilaku terkenal BF Skinner yang didaftarkan oleh pemerintah untuk mencoba dan melatih merpati untuk digunakan dalam sistem pemandu rudal. Pada waktu itu, Skinner dikenal sebagai salah satu praktisi utama persyaratan instrumental, sebuah sistem yang menggunakan ganjaran dan hukuman sebagai sarana untuk mengendalikan perilaku. Dengan ide-ide dalam pikiran, Skinner meletakkan serangkaian merpati terlatih khusus dalam rudal. Sebuah kamera di bagian depan rudal direkam dengan jalur penerbangan, yang kemudian diproyeksikan pada layar untuk merpati untuk melihat. Burung-burung dilatih untuk mengenali dimaksudkan rudal sasaran, dan mereka akan mematuk di layar jika itu hanyut saja. Informasi ini diumpankan ke kontrol penerbangan senjata, yang kemudian akan berubah untuk mencerminkan koordinat baru. Skinner ini awalnya diberi $ 25,000 untuk mendapatkan proyek dan berjalan, dan dia benar-benar berhasil membuat beberapa kemajuan kecil dengan itu. Tetapi pejabat pemerintah tidak pernah cukup mampu untuk bisa melewati absurditas yang jelas dari program, dan itu akhirnya ditutup.

5. Operation Midnight Climax

Quote:

Pada awal 1960-an, budaya pemuda Amerika pertama kali mulai percobaan dengan obat-obatan seperti halusinogen LSD, dan begitu juga dengan Central Intelligence Agency. Operasi Midnight Climax adalah salah satu operasi pemerintah yang paling konyol dan ilegal upaya untuk menguji kemungkinan penggunaan obat-obatan seperti asam dengan memberi ke warga yang tidak curiga. Program ini berjalan keluar dari koleksi safehouses di New York dan California. Pelacur digunakan untuk memikat orang-orang muda ke rumah-rumah, di mana mereka diberi makanan atau minuman bercampur dengan LSD dan obat lain dan ditempatkan dalam ruangan dengan cermin dua arah di mana perilaku mereka dapat dilihat. Eksperimen Midnight Climax pada dasarnya adalah program yang dirancang untuk memantau taktis kemungkinan penggunaan obat-obatan psikotropika dan pemerasan seksual di lapangan, tetapi bahkan di dalam Badan CIA program itu kontroversial, dan ditutup hanya setelah beberapa tahun. Sebagian besar terkait dengan file operasi hancur, tapi beberapa bertahan, dan pada awal tahun 70-an file-file mengenai Midnight Climax dan banyak program CIA ilegal lainnya dimuat oleh New York Times

4. The Stargate Project

$ 20 juta Stargate Proyek adalah istilah samaran yang digunakan untuk menggambarkan sejumlah besar eksperimen psikis dan penyelidikan yang dilakukan oleh pemerintah AS antara tahun 70-an dan 90-an. Tujuan Terbesar dari proyek Stargate adalah untuk menyelidiki kemungkinan ilmiah “remote viewing,” yang merupakan kemampuan psikis untuk menyaksikan peristiwa di atas jarak yang jauh. Program, yang juga meneliti kemampuan psikis seperti keluar dari pengalaman tubuh dan clairvoyance, mata pelajaran diuji pada kemampuan mereka untuk meramalkan kejadian masa depan dan membaca dokumen-dokumen tersembunyi. Stargate Proyek yang biasanya meminta layanan dari mana saja 3-22 mata pelajaran pada satu waktu, banyak di antaranya dikelola untuk menguji dengan akurasi penilaian sebesar 15% lebih tinggi dari norma. Namun, walaupun beberapa peserta mengklaim telah benar memprediksi peristiwa-peristiwa besar dunia seperti serangan militer dan situasi penyanderaan, program menemukan bahwa remote viewer atau bisa juga disebut disebut telepaths masih salah hampir 80%, dan pada tahun 1995 CIA Stargate membatalkan Proyek selamanya.

3. Operation Mongoose

Quote:

Pada awal tahun 60-an, komunis Kuba menjadi salah satu battlegrounds utama Perang Dingin, dan Presiden Fidel Castro dianggap salah satu tokoh politik paling berbahaya di dunia. Setelah upaya-upaya awal untuk menggulingkan Castro dengan paksa gagal, CIA Operasi melembagakan Operasi Musang, yang merupakan perang rahasia propaganda dan sabotase yang dirancang untuk menghapus dari kekuasaan pemimpin Kuba. Operasi Musang punya lingkup sangat luas, dan termasuk rencana untuk serangan pura-pura terhadap penduduk Kuba di pengasingan, menyediakan senjata kepada kelompok-kelompok oposisi, dan menghancurkan tanaman tebu Kuba. Ini juga termasuk beberapa upaya untuk membunuh atau mendiskreditkan nama baik Castro dalam pers, masing-masing yang lebih rumit dan konyol daripada berikutnya. CIA juga mempertimbangkan, antara lain, meracuni pasokan cerutu pribadi Castro, penanaman bahan peledak yang disamarkan sebagai kerang di tempat berenang favorit, dan suntik dengan bahan kimia yang mematikan dari jarum suntik menyamar sebagai pena. Bahkan lebih aneh adalah rencana untuk mendiskreditkan Castro di mata publik, yang mencakup proposal untuk menyemprot studio TV dengan halusinogen sebelum salah satu pemimpin pidato televisi, dan bahkan penanaman bahan kimia dalam pakaian yang terkenal akan menyebabkan rontok jenggot . Bencana yang dekat dari Krisis Rudal Kuba menempatkan Operasi Musang dihentikan, dan setelah adanya persetujuan antara Kennedy dan Soviet, proyek tersebut ditinggalkan.

2. Project MKULTRA

Salah satu program pemerintah yang paling benar-benar menyeramkan Proyek MKULTRA adalah menyapu dan top secret CIA Program ini dimulai pada awal 1950-an yang termasuk eksperimen dalam “kimia interogasi” dan pengendalian pikiran. Singkatnya, MKULTRA adalah rencana yang berusaha untuk menggunakan obat-obatan, stres psikologis, dan aneh metode interogasi untuk mendapatkan informasi, mengontrol perilaku, dan bahkan mengubah fungsi otak. Sampai hari ini, banyak informasi tentang proyek tetap rahasia, tetapi apa yang kita tahu adalah bahwa program ini melibatkan pengujian dan interogasi terhadap warga negara swasta-seringkali tanpa sepengetahuan atau persetujuan mereka-dalam pelayanan atau tidak menemukan obat-obatan tertentu dapat digunakan sebagai serum kebenaran. Ini termasuk pemberian subjek dosis besar LSD, amphetamine, dan mescaline, serta shock therapy. Dalam satu kasus, subyek yang seharusnya tertutup dengan asam selama 77 hari berturut-turut dalam upaya untuk menguji efek jangka panjang eksposur terhadap obat. Mematuhi teori konspirasi tentang tujuan sebenarnya dari proyek, dengan mengatakan itu adalah sebuah program untuk insinyur zombie pembunuh melalui pengendalian pikiran dan pencucian otak. Beberapa informasi tentang MKULTRA akhirnya terungkap pada awal tahun tujuh puluhan, ketika laporan berita tentang penyalahgunaan kekuasaan CIA menuju ke sebuah komisi Kongres. Proyek ini kemudian ditutup, tetapi banyak orang mengklaim bahwa program CIA serupa masih ada sampai hari ini

1. The Bay of Pigs Invasion

Quote:

Program ini adalah salah satu yang pertama dan paling berani mencoba untuk menggulingkan pemimpin komunis Kuba Fidel Castro, tapi itu juga malapetaka yang paling tidak berhasil. Ini dimulai pada tahun 1960, ketika CIA, di bawah otorisasi dari Presiden, mulai merencanakan percobaan menggulingkan pemerintah Kuba. Dalam rangka untuk menghilangkan link ke Amerika Serikat, serangan itu harus dilakukan oleh pasukan khusus orang buangan Kuba dilatih oleh CIA. Setelah serangkaian serangan udara pengalihan, pada 17 April 1961, sekelompok pasukan amfibi transport mendarat di pantai di Teluk Babi dan mulai membongkar muatan mereka pengasingan 1.300 gerilyawan. Rencananya adalah bagi mereka untuk bertemu dengan band yang lebih kecil dari pasukan payung untuk dibuang segera setelah kedatangan mereka, tetapi dari awal rencana mereka meleset. Sebagai permulaan, intelijen Kuba sudah menyadari invasi yang direncanakan, dan ini berarti bahwa ketika pasukan mendarat pengasingan mereka segera diserang. Untuk menambah kekuatan masalah, cuaca buruk, terumbu karang, dan rawa-rawa Kuba cepat mengklaim sebagian besar peralatan mereka. Semua berkata, yang sekitar 2.000 orang Kuba meninggal selama invasi, sedangkan lebih dari 100 anggota tentara pengasingan tewas dalam tindakan. 1.200 yang tersisa ditangkap dan dipenjara, dan ada yang kemudian dieksekusi atas perintah Castro. Selama setahun kemudian, sisanya dibebaskan dengan imbalan sebesar $ 53 juta pada makanan dan obat-obatan bagi rakyat Kuba. Dampak dari Teluk Babi jauh menjangkau. Beberapa pejabat Amerika mengundurkan diri atas keterlibatan mereka di dalamnya, dan banyak yang telah dikreditkan dengan meningkatkan tekad pemerintah Kuba dan mendorong ketidakpercayaan parah dari kebijakan luar negeri Amerika di tahun-tahun berikutnya.

Artikel terkait :

One thought on “Sisi Lain Operasi CIA yang Gagal

  1. Ping-balik: Sejarah Operasi Awal CIA Dalam Intelejen Dunia | Iwan blog world

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s